ads

Post Terbaru

13 Desember 2010

Apa sih tugas Sutradara?


Sutradara memiliki tugas dan tanggung jawab yang berat. Di lapangan seorang sutradara berperan sebagai manajer, kreator, dan sekaligus inspirator bagi anggota tim produksi dan para pemeran. Peran yang sedemikian besar mengharuskan sutradara memahami benar konsep cerita, memahami situasi lingkungan maupun psikologis para pelibat produksi, dan juga harus memahami bagaimana menjalin hubungan yang baik dengan semua pelibat produksi.

Ibarat tubuh manusia, sutradara adalah otaknya, dan yang lain adalah seluruh anggota badan. Otak memerlukan anggota badan untuk mewujudkan gagasan, badan memerlukan otak untuk mengendalikan.

Tugas Sutradara
Tugas seorang sutradara adalah menerjemahkan atau menginterpretasikan sebuah skenario dalam bentuk imaji/gambar hidup dan suara.
Pada umumnya, seorang sutradara tidak merangkap sebagai produser, meskipun di Amerika cukup banyak sutradara yang merangkap produser seperti beberapa kali
Clint Eastwood merangkap sutradara, pemain sekaligus produser.

Pada umumnya, apa pun bentuk produksi audio visual selalu terbagi menjadi tiga tahap, yakni:
  1. Praproduksi,
  2. Produksi atau shooting,
  3. Pascaproduksi.

Tugas sutradara adalah pada tahap produksi. Namun bukan berarti sutradara tidak perlu mengetahui aspek praproduksi dan pasca produksi. Pemahaman praproduksi akan mencegah sikap arogan dan tuntutan yang berlebih atas peralatan dan aspek-aspek penunjang produksi yang notabene merupakan tugas tim praproduksi.

Misalnya, sutradara tidak terlalu menuntut disediakan pemeran yang honornya mahal apabila ia menyadari bahwa tim budgeting tidak menganggarkan dana berlebih untuk honor pemeran. Pemahaman pascaproduksi akan mencegah sutradara menginstruksikan pengambilan gambar dengan komposisi atau angle yang penyambungannya mustahil dilakukan oleh editor.


CONTOH BEBERAPA KARYA FILM PENDEK



Share This :

6 komentar :

  1. mana g ada tugas sutradaranya

    BalasHapus
  2. @rizman : Itu tulisan sudah lengkap dipahami aja.

    BalasHapus
  3. Tentang sutradara sbenarnya hrs dibahas juga mengenai Director Of Photography krn memang keduanya saling melengkapi ketika production juga jelas peran editor utk post productionnya. Shg perspektivitas tugas sutradara dpt terlihat disitu. Mksh.

    BalasHapus
  4. @himawan : Trimakasih dan sudah mampir di blog saya. Kekurangannya langsung aku posting ttg Director of photograpy http://origin-design.blogspot.com/2012/07/director-of-photography-dop.html

    BalasHapus
  5. infonya lumayan buat nambah wawasan.
    pengertian diatas udh termasuk tugas semua jenis sutradara?? termasuk tugas director of music video ??

    BalasHapus
  6. @friska sastika : Penyutradaraan dalam music video sama saja seperti membuat film.

    BalasHapus

 

Top